TUGAS
7 TELAAH KURIKULUM
MODEL
PEMBELAJARAN
Model pembelajaran
dapat diartikan dengan istilah sebagai gaya atau strategi yang dilakukan oleh
seorang guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. dalam penerapannya
itu gaya yang dilakukan tersebut mencakup beberapa hal strategi atau prosedur agar
tujuan yang ingin dikehendaki dapat tercapai. Banyak para ahli pendidikan
mengungkapkan berbagai pendapatnya menganai pengertian model pembelajaran.
Model pembelajaran tidak terlepas dari kata strategi
atau model pembelajaran identik dengan istilah strategi. model pembelajaran dan
strategi merupakan satu yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya harus beriringan,
sejalan, dan saling mempengaruhi. Istilah strategi itu sendiri dapat diuraikan
sebagai taktik atau sesuatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru
dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.
Selain itu strategi dalam pembelajaran dapat didevinisikan sebagai suatu
perangkat materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama,
terpadu untuk menciptakan hasil belajar yang diinginkan guru pada siswa. agar
tujuan pendidikan yang telah disusun dapat secara optimal tercapai, maka perlu
suatu metode yang diterapkan untuk merealisasikan strategi yangtelah ditetapkan
tersebut. Dengan demikian dapat dijabarkan bahwa dalam satu strategi
pembelajaran menggunakan beberapa metode. Contohnya bila ingin melaksanakan
sebuah strategi ekspositori misalnya, dapat menggunakan metode ceramah, metode
tanya jawab, atau metode diskusi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dan
mudah didapatkan di sekitar sekolah yaitu bisa dengan menambahkan media
pembelajaran. Oleh sebab itu, strategi berbeda dengan metode. Strategi lebih
menunjukkan pada sebuah perencanaan atau yang biasa dikenal dengan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP), tentu dengan maksud untuk mencapai sesuatu.
sedangkan metode adalah suatu cara tersendiri yang dapat digunakan untuk
melaksanakan strategi. Dengan kata lain, strategi adalah a plan of operation
achieving something, sedangkan metode adalah a way in echieving something.
Model-model pembelajaran biasanya disusun
berdasarkan berbagai prinsip atau teori pengetahuan. berbagai ahli pendidikan
menyusun model pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran,
teori-teori psikologis, sosiologis, analisis sistem, atau teori-teori lain yang
mendukung dalam model-model pembelajaran ini banyak diamati oleh peneliti Joyce
& Weil. Mereka mempelajari dan menerapkan berbagai model pembelajaran
berdasarkan teori belajar yang kemudian dikelompokkan menjadi empat model
pembelajaran. dan mengemukakan bahwamodel pembelajaran adalah suatu rencana
atau pola yang dapat digunakan untuk membentukkurikulum (rencana pembelajaran
jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran,mendidik dan membimbing
siswa terhadap pembelajaran di kelas.
PERBEDAAN PENDEKATAN, STRATEGI, DAN MODEL
PEMBELAJARAN
Pengertian pendekatan, strategi, dan model
pembelajaran sering diartikan sama dan berketerkaitan. namun sebenarnya
memiliki makna yang berbeda. Pengertian pendekatan(approach) dapat dipandang
sebagai suatu rangkaian tindakan yang terpola atau terorganisir berdasarkan
prinsip-prinsip tertentu. yang terarah secara sistematis dengan maksud agar
pada tujuan-tujuan yang hendak diinginkan dapat tercapai. Dengan demikian, pola
tindakan tersebut dibangun di atas prinsip-prinsip yang telah dibuktikan
kebenarannya. sehingga tindakan-tindakan yang diorganisir tersebut dapat
berjalan secara konsisten ke arah ketercapaian tujuan yang diinginkan.
Dari pengertian di atas maka pendekatan mengandung
sejumlah komponen atau unsur, yaitu tujuan, pola tindakan, metode atau teknik,
serta sumber-sumber yang digunakan, dan prinsip-prinsip.
Sedangkan strategi sendiri merupakan suatu istilah
yang diadopsi dari bidang kemiliteran ke dalam bidang industri kemudian ke
dalam bidang pendidikan. Strategi dapat diartikan sebagai perpaduan secara
keseluruhan dan pengorganisasian secara kronologis dari metode-metode dan
bahan-bahan yang dipilih untuk mencapai tujuan (UNESCO, 1981). Lebih lanjut
lagi Philips and Owens (1986), mengemukakan bahwa strategi adalah serangkaian
tindakan yang bertalian secara konsisten dan tindakan-tindakan secara
konseptual, terpadu, dengan tujuan-tujuan yang hendak dicapai. Dari kedua
devinisi dapat ditarik pernyataan bahwa strategi dan pendekatan (approach)
memiliki kesamaan arti. Hanya perbedaannya terletak pada prinsip-prinsip yang
melandasinya. Penggunaan kedua istilah tersebut dalam hal pembelajaran
seringkali diartikan sama dan kadang-kadang disilihgantikan. Berkaitan dengan
itu, Raka Joni (1980), berpendapat bahwa strategi merupakan pola umum perbuatan
guru dan siswa di dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar. Hal itu dapat
diartikan bahwa interaksi belajar mengajar berlangsung dalam suatu pola yang
digunakan bersama oleh guru dan siswa.
Hasil deskripsi di atas dapat dirumuskan sebagai
suatu pola umum pembelajaran dimana subjeknya adalah siswa yang belajar
berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan, psikologi, didaktik, dan komunikasi
dengan mengintegrasikan struktur/urutan-urutan/langkah-langkah pembelajaran,
metode pembelajaran, media pembelajaran/alat peraga, pengelolaan kelas,
evaluasi, dan waktu yang diperlukan agar siswa sebagai pembelajar dapat
mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.
Adapun pengertian model pembelajaran adalah suatu
pola atau struktur pembelajaran yang tersusun dan didesain, ditetapkan, dan
dievaluasi secara sistemik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan
guru. Istilah model sendiri dapat diartikan sebagai suatu bentuk tiruan dari
benda yang sebenarnya. Model juga dapat diartikan sebagai suatu contoh
konseptual atau prosedural dari suatu program, sistem, atau proses yang dapat
dijadikan acuan atau pedoman kreatif dalam pemenuhan akan kebutuhan siswa di
sekolah dasar, telah banyak mengembangkannya. hal itu tidak lain agar kualitas
pendidikan di sekolah-sekolah seluruh negeri ini selalu dalam rangka memecahkan
suatu masalah agar tujuan dapat tercapai.
Banyak model-model pembelajaran yang telah
dikembangkan oleh para ahli pendidikan di dunia. Bahkan beberapa kalangan guru
yang mempunyai keahlian, kemampuan, dan keterampilan serta meningkat.
MACAM-MACAM MODEL PEMBELAJARAN
Diantara beberapa ahli yang telah mengembangkan
model-model pembelajaran yaitu seperti Joyce dan Weil. Mereka
mengklasifikasikan model-model pembelajaran sebagaimana berikut.
a.
Model-model Interaksi Sosial (Social Interaction Models)
b.
Model-model Pemprosesan Informasi (Information Processing Models)
c.
Model-model Pribadi (Personal Models)
d.
Model-model Modifikasi Tingkah Laku (Behavior Modification Models)
Adapun itu Andrianne Bank, Marlene Henerson dan
Laurel Eu (1981), mengemukakan 5 model pembelajaran dalam konteks perencanaan
program. Model-model pembelajaran yang dimaksud antara lain.
a.
ModelAnalisis Konsep (Concept Analisis Model)
b. Model
Berpikir Kreatif (Creative Thinking Model)
c. Model
Belajar Melalui Pengalaman (Experiential Learning Model)
d. Model
Kelompok Inkuiri (Group Inquiry Model)
e. Model
Bermain Peran (The Role Playing Model)
sumber:
http://area.blogwahyu.com/2013/12/pengertian-pendekatan-strategi-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar