Rabu, 28 Desember 2016



TUGAS 7 TELAAH KURIKULUM


MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran dapat diartikan dengan istilah sebagai gaya atau strategi yang dilakukan oleh seorang guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. dalam penerapannya itu gaya yang dilakukan tersebut mencakup beberapa hal strategi atau prosedur agar tujuan yang ingin dikehendaki dapat tercapai. Banyak para ahli pendidikan mengungkapkan berbagai pendapatnya menganai pengertian model pembelajaran.
Model pembelajaran tidak terlepas dari kata strategi atau model pembelajaran identik dengan istilah strategi. model pembelajaran dan strategi merupakan satu yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya harus beriringan, sejalan, dan saling mempengaruhi. Istilah strategi itu sendiri dapat diuraikan sebagai taktik atau sesuatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Selain itu strategi dalam pembelajaran dapat didevinisikan sebagai suatu perangkat materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama, terpadu untuk menciptakan hasil belajar yang diinginkan guru pada siswa. agar tujuan pendidikan yang telah disusun dapat secara optimal tercapai, maka perlu suatu metode yang diterapkan untuk merealisasikan strategi yangtelah ditetapkan tersebut. Dengan demikian dapat dijabarkan bahwa dalam satu strategi pembelajaran menggunakan beberapa metode. Contohnya bila ingin melaksanakan sebuah strategi ekspositori misalnya, dapat menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, atau metode diskusi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dan mudah didapatkan di sekitar sekolah yaitu bisa dengan menambahkan media pembelajaran. Oleh sebab itu, strategi berbeda dengan metode. Strategi lebih menunjukkan pada sebuah perencanaan atau yang biasa dikenal dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), tentu dengan maksud untuk mencapai sesuatu. sedangkan metode adalah suatu cara tersendiri yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi. Dengan kata lain, strategi adalah a plan of operation achieving something, sedangkan metode adalah a way in echieving something.

Model-model pembelajaran biasanya disusun berdasarkan berbagai prinsip atau teori pengetahuan. berbagai ahli pendidikan menyusun model pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran, teori-teori psikologis, sosiologis, analisis sistem, atau teori-teori lain yang mendukung dalam model-model pembelajaran ini banyak diamati oleh peneliti Joyce & Weil. Mereka mempelajari dan menerapkan berbagai model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang kemudian dikelompokkan menjadi empat model pembelajaran. dan mengemukakan bahwamodel pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentukkurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran,mendidik dan membimbing siswa terhadap pembelajaran di kelas.

PERBEDAAN PENDEKATAN, STRATEGI, DAN MODEL PEMBELAJARAN

Pengertian pendekatan, strategi, dan model pembelajaran sering diartikan sama dan berketerkaitan. namun sebenarnya memiliki makna yang berbeda. Pengertian pendekatan(approach) dapat dipandang sebagai suatu rangkaian tindakan yang terpola atau terorganisir berdasarkan prinsip-prinsip tertentu. yang terarah secara sistematis dengan maksud agar pada tujuan-tujuan yang hendak diinginkan dapat tercapai. Dengan demikian, pola tindakan tersebut dibangun di atas prinsip-prinsip yang telah dibuktikan kebenarannya. sehingga tindakan-tindakan yang diorganisir tersebut dapat berjalan secara konsisten ke arah ketercapaian tujuan yang diinginkan.
Dari pengertian di atas maka pendekatan mengandung sejumlah komponen atau unsur, yaitu tujuan, pola tindakan, metode atau teknik, serta sumber-sumber yang digunakan, dan prinsip-prinsip.
Sedangkan strategi sendiri merupakan suatu istilah yang diadopsi dari bidang kemiliteran ke dalam bidang industri kemudian ke dalam bidang pendidikan. Strategi dapat diartikan sebagai perpaduan secara keseluruhan dan pengorganisasian secara kronologis dari metode-metode dan bahan-bahan yang dipilih untuk mencapai tujuan (UNESCO, 1981). Lebih lanjut lagi Philips and Owens (1986), mengemukakan bahwa strategi adalah serangkaian tindakan yang bertalian secara konsisten dan tindakan-tindakan secara konseptual, terpadu, dengan tujuan-tujuan yang hendak dicapai. Dari kedua devinisi dapat ditarik pernyataan bahwa strategi dan pendekatan (approach) memiliki kesamaan arti. Hanya perbedaannya terletak pada prinsip-prinsip yang melandasinya. Penggunaan kedua istilah tersebut dalam hal pembelajaran seringkali diartikan sama dan kadang-kadang disilihgantikan. Berkaitan dengan itu, Raka Joni (1980), berpendapat bahwa strategi merupakan pola umum perbuatan guru dan siswa di dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar. Hal itu dapat diartikan bahwa interaksi belajar mengajar berlangsung dalam suatu pola yang digunakan bersama oleh guru dan siswa.
Hasil deskripsi di atas dapat dirumuskan sebagai suatu pola umum pembelajaran dimana subjeknya adalah siswa yang belajar berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan, psikologi, didaktik, dan komunikasi dengan mengintegrasikan struktur/urutan-urutan/langkah-langkah pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran/alat peraga, pengelolaan kelas, evaluasi, dan waktu yang diperlukan agar siswa sebagai pembelajar dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.
Adapun pengertian model pembelajaran adalah suatu pola atau struktur pembelajaran yang tersusun dan didesain, ditetapkan, dan dievaluasi secara sistemik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan guru. Istilah model sendiri dapat diartikan sebagai suatu bentuk tiruan dari benda yang sebenarnya. Model juga dapat diartikan sebagai suatu contoh konseptual atau prosedural dari suatu program, sistem, atau proses yang dapat dijadikan acuan atau pedoman kreatif dalam pemenuhan akan kebutuhan siswa di sekolah dasar, telah banyak mengembangkannya. hal itu tidak lain agar kualitas pendidikan di sekolah-sekolah seluruh negeri ini selalu dalam rangka memecahkan suatu masalah agar tujuan dapat tercapai.
Banyak model-model pembelajaran yang telah dikembangkan oleh para ahli pendidikan di dunia. Bahkan beberapa kalangan guru yang mempunyai keahlian, kemampuan, dan keterampilan serta meningkat.

MACAM-MACAM MODEL PEMBELAJARAN

Diantara beberapa ahli yang telah mengembangkan model-model pembelajaran yaitu seperti Joyce dan Weil. Mereka mengklasifikasikan model-model pembelajaran sebagaimana berikut.
a.    Model-model Interaksi Sosial (Social Interaction Models)
b.    Model-model Pemprosesan Informasi (Information Processing Models)
c.    Model-model Pribadi (Personal Models)
d.   Model-model Modifikasi Tingkah Laku (Behavior Modification Models)
Adapun itu Andrianne Bank, Marlene Henerson dan Laurel Eu (1981), mengemukakan 5 model pembelajaran dalam konteks perencanaan program. Model-model pembelajaran yang dimaksud antara lain.
a.    ModelAnalisis Konsep (Concept Analisis Model)
b.    Model Berpikir Kreatif (Creative Thinking Model)
c.    Model Belajar Melalui Pengalaman (Experiential Learning Model)
d.   Model Kelompok Inkuiri (Group Inquiry Model)
e.    Model Bermain Peran (The Role Playing Model)


sumber: http://area.blogwahyu.com/2013/12/pengertian-pendekatan-strategi-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar