TUGAS 3 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Ciri
Perkembangan- Progresif,
- Sistematis : Saling ketergantungan
- Progresif : Maju,Meningkat, Mendalam
- Berkesinambungan: Perubahan pada bagian organisme
selalu beraturan
- Terjadinya perubahan Aspek Fisik dan Psikis
(kemampuan berfikir) mengingat
- Terjadinya perubahan dalam proporsi fisik dan
psikis (imajinasi realitas)
- Hilang tanda- tanda anak -anak
- Perolehan tanda baru
ERIK ERIKSON:
Teori Perkembangan Psikososial
- Fase Bayi
(0-1 tahun) : Mulut
- Fase anak-anak (1-3 tahun) : Kontrol
- Usia Bermain
(3-6 tahun)
- Usia Sekolah
(6-12tahun)
- Dewasa Awal
(20-30tahun)
- Usia Tua
(65 tahun )
TEORI PERKEMBANGAAN PSIKOSEKSUAL:
SIGMUND FREUD
1. Tahap Infantil (0-5 tahun) : Pembentukan
kepribadian tahap paling menentukan dalam membentuk kepribadian
1.1 Fase
Oral (0-1 tahun) : Mulut menjadi sumber kenikmatan utama
1.2 Fase
Anal (1-3 tahun) : Kenikmatan anak adalah memahami dan bermain dengan fungsi
anal
1.3 Fase
Falis (3-5/6 tahun)
2. Tahap Laten (5-12 tahun)
3. Tahap Genital (12 tahun)
Masa
Pubertas- Alat- alat genital yang mulai berfungsi lebih sempurna menjadi
perhatian utama
TEORI PERKEMBANGAN KOGNISI- JEAN PIAGET
1. Sensori Motori (0-2 tahun)
-
Pengetahuan anak diperoleh melalui interaksi fisik : Menggenggam, memukul, menghisap
2. Pra-Operasional (2-6 tahun)
-Simbol-simbol mulai dikuasai oleh anak
3. Operasi Konkret (6-11 tahun)
- Sudah
bisa membentuk operasi-operasi mental atau pengetahuan yang mereka miliki:
dapat
memecahkan masalah secara logis
4. Operasi Formal (11 tahun- Dewasa)
-Operasi
mental tingkat tinggi remaja dan orang dewasa dapat berhubungan dengan
peristiwa-peristiwa abstrak atau hipotesis (perkiraan-perkiraan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar