Rabu, 28 Desember 2016



TUGAS 12 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

MODEL PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (SENI RUPA)

Belajar dan bermain salah satu metode pembelajaran yang sangat relevan
dengan penyampaian materi seni budaya. Khususnya dalam seni budaya (seni
tari) yang tidak menciptakan atau menjadikan penari, tetapi media gerak tari
dapat dijadikan sarana pembelajaran melalui permaiana
dengan tetap memfaatkan unsure tari yaitu gerak ruang waktu tenaga dan dinamika

    Ekspresi Bebas
    Kerja Kelompok (Kumpulan dan Gabungan)
    Mozaik
    Montase
    Kolase
    Merakit
    Meronce
    M3 (Melipat, Menggunting dan Merekat)
    Membutsir
    Diorama
    Siluet (negatif, Fositif)



 Metode Ekspresi Bebas
Metode ekspresi bebas pada dasarnya adalah suatu cara untuk membelajarkan siswa agar dapat mencurahkan isi hatinya dalam bentuk karya seni rupa. Agar metode ini tercapai secara maksimal, maka perlu dilakukan :

    Tawarkan dan tetapkan beberapa pilihan tema sebagai perangsang daya cipta
    Tetapkan beberapa pilihan media yang cocok
    Jelaskan jenis kertas serta alas an pemilihan kertas tersebut
    Jelaskan bentuk kegiatan menggambar tersebut


Metode ekspresi bebas identik dengan metode ekspresi – kreatif atau metode kerja cipta. Metode ini merupakan pengembangan dari pendapat Victor Lowenfield yang menganjurkan agar setiap guru yang bermaksud mengembangkan kreasi siswanya untuk bebas berekspresi ( free expression ) atas dasar tersebut metode ini sering disebut metode ekspresi – kreatif. Dalam pelaksanaan metode ini, kehadiran guru memiliki peran sangat kecil bahkan hampir tidak diperlukan. Metode hasil kerja cipta dapat di terapkan dalam kegiatan menggambar dekorasi, mendesain benda – benda kerajinan, menggambar reklame dan sebagainya.

Langkah – langkah kegiatan metode kerja cipta sebagai berikut :
a.      Guru memberikan pengarahan yang berfokus pada kedudukan konsep dalam proses kelahiran suatu karya.
b.      Siswa mencoba menuangkan suatu konsep pada desain gambar dekorasi, reklame atau barang –barang kerajinan yang akan dibuat.
c.       Selama proses pengerjaan, guru menganjurkan sumbang saran antar siswa terjadi.
d.      Guru memberikan saran, petunjuk dan pengarahan mengenai konsep yang dikemukakannya serta memberi petunjuk kepada siswa yang mengalami hambatan.
e.      Selama proses kerja berlangsung, keterampilan – keterampilan dasar dan menengah sudah harus betul – betul dikuasai.



Sumber : http://theroolfikry.blogspot.co.id/2012/01/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar