TUGAS
12 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
MODEL
PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (SENI RUPA)
Belajar dan bermain salah satu
metode pembelajaran yang sangat relevan
dengan penyampaian materi seni
budaya. Khususnya dalam seni budaya (seni
tari) yang tidak menciptakan atau
menjadikan penari, tetapi media gerak tari
dapat dijadikan sarana pembelajaran
melalui permaiana
dengan tetap memfaatkan unsure tari
yaitu gerak ruang waktu tenaga dan dinamika
Ekspresi
Bebas
Kerja
Kelompok (Kumpulan dan Gabungan)
Mozaik
Montase
Kolase
Merakit
Meronce
M3
(Melipat, Menggunting dan Merekat)
Membutsir
Diorama
Siluet (negatif, Fositif)
Metode
Ekspresi Bebas
Metode ekspresi bebas pada dasarnya adalah suatu
cara untuk membelajarkan siswa agar dapat mencurahkan isi hatinya dalam bentuk
karya seni rupa. Agar metode ini tercapai secara maksimal, maka perlu dilakukan
:
Tawarkan
dan tetapkan beberapa pilihan tema sebagai perangsang daya cipta
Tetapkan
beberapa pilihan media yang cocok
Jelaskan
jenis kertas serta alas an pemilihan kertas tersebut
Jelaskan
bentuk kegiatan menggambar tersebut
Metode ekspresi bebas identik dengan metode ekspresi
– kreatif atau metode kerja cipta. Metode ini merupakan pengembangan dari
pendapat Victor Lowenfield yang menganjurkan agar setiap guru yang bermaksud
mengembangkan kreasi siswanya untuk bebas berekspresi ( free expression ) atas
dasar tersebut metode ini sering disebut metode ekspresi – kreatif. Dalam
pelaksanaan metode ini, kehadiran guru memiliki peran sangat kecil bahkan
hampir tidak diperlukan. Metode hasil kerja cipta dapat di terapkan dalam
kegiatan menggambar dekorasi, mendesain benda – benda kerajinan, menggambar
reklame dan sebagainya.
Langkah – langkah kegiatan metode kerja cipta
sebagai berikut :
a. Guru
memberikan pengarahan yang berfokus pada kedudukan konsep dalam proses
kelahiran suatu karya.
b. Siswa
mencoba menuangkan suatu konsep pada desain gambar dekorasi, reklame atau
barang –barang kerajinan yang akan dibuat.
c.
Selama proses pengerjaan, guru menganjurkan sumbang saran antar siswa
terjadi.
d. Guru
memberikan saran, petunjuk dan pengarahan mengenai konsep yang dikemukakannya
serta memberi petunjuk kepada siswa yang mengalami hambatan.
e. Selama
proses kerja berlangsung, keterampilan – keterampilan dasar dan menengah sudah
harus betul – betul dikuasai.
Sumber :
http://theroolfikry.blogspot.co.id/2012/01/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar