Senin, 23 Maret 2015

Tugas 3 Psikologi Seni

Proses Pengelolaan Kegitan Seni

Ada beberapa hal yang harus dilalui dam Kegiatan seni, yaitu penggubahan, penikmatan, penilaian, dan mengetahui karakteristik kegiatan seni (seni rupa, seni musik, seni teater, seni sastra, seni tari).

Tuhan telah menciptakan dunia ini beserta isinya, kita sebagai manusia hanya bisa memanfaatkan semua itu menjadi karya seni. Kita hanya bisa menggubah, merumuskan, mengaplikasikan benda-benda alam menjadi sebuah karya. Ada hal-hal yang melatari orang melakukan penggubahan karya seni, diantaranya :

-          dari pengalaman,

-          karena terinspirasi karya-karya seniman atau orang lain,

-          atau karena referensi dari buku atau film dan lain sebagainya.

Kreatifitas itu bisa di latih oleh setiap orang tapi tidak semua orang bisa melakukan penggubahan, karena tidak semua orang bisa menjadi seniman. Penggubahan itu berawal dari imajinasi seseorang yang ingin disalurkan dalam bentuk karya.

Karya seni itu tidak semata-mata hanya untuk kita nikmati sendiri, karena sebenarnya seni itu adalah mengomunikasikan ide-ide kita kepada orang lain. Misalnya kita bisa menyampaikannya dalam bentuk pameran. Sehingga orang-orang juga bisa menikmati apa yang kita rasakan dalam menggubah karya seni. Gelombang penikmat dengan karya seni harus ada kecocokan supaya bisa menikmati karya lebih dalam lagi.

Jika seseorang yang memiliki kemampuan seni menikmati karya maka akan muncul penilaian. Orang – orang yang melakukan itu biasa disebut kritikus. Kritikus juga penting dalam kegiatan seni, karena kritikus adalah orang yang menjebatani antara penikmat dengan karya seni, dan juga menentukan suatu karya itu bisa menjadi mahal. Semua orang bisa menjadi kritikus, karena kritik terhadap seni itu sangat penting.

Seni juga bisa untuk investasi di jaman yang modern ini, karena seni tidak mungkin hanya untu kita nikmati saja. Jika kita sudah terkenal dan lukisan-lukisan kita berharga tinggi, pasti akan menjadi investasi yang sangat menjanjikan.

Secara umum seni yang bisa menghasilkan karya sendiri atau pribadi adalah seni rupa, contohnya seni lukis, kita tidak mungkin membuat secara bersamaan. Sedangkan seni yang lain, seperti seni musik pasti akan dilakukan oleh beberapa orang, karena tidak mungkin seorang penyanyi bisa tampil maksimal tanpa diiringi musik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar